5 Penyebab Utama AC Tidak Dingin Setelah Dicuci

Pencucian pada AC memang dilakukan untuk membersihkan semua kotoran yang ada di bagian indoor AC. Tujuannya adalah untuk menghasilkan kualitas udara yang jauh lebih sejuk dan bersih di dalam ruangan. Namun, apa jadinya jika ternyata pembersihan ini menjadi salah satu penyebab ac tidak dingin?

panduanteknisi.com

Penyebab AC Tidak Dingin

  1. Kebocoran Freon AC

Bukan menjadi kewajiban jika dalam proses pencucian AC freon ditambah isinya. Karena hal ini biasanya akan dilakukan sebelum proses pencucian AC. Dimana AC yang tidak dingin ini bisa disebabkan oleh adanya kebocoran pada freon AC itu sendiri.

Ciri freon yang bocor ditandai dengan jarum manifold yang mengarah pada angka nol yang menandakan bahwa freon sudah habis. Salah satu cara untuk mengatasi kebocoran pada freon ini adalah dengan mengisi ulang freon hingga penuh, pada umumnya 80 sampai 90 psi (khusus untuk AC inverter).

  1. Sambungan Kurang Rapat

Salah satu penyebab ac tidak dingin setelah dicuci adalah karena sambungan nepel yang mengendor setelah proses pencucian. Untuk mengatasinya, Anda cukup mengencangkan kembali sambungan atau baut nepel yang mengendor agar aliran udara menjadi lebih lancar.

Setelah itu, Anda bisa menambahkan tekanan pada freon dan menyesuaikan ambang batas maksimal tekanan arus atau ampere dari mesin kompresor Acnya.

  1. Masih Ada Debu Menempel

Faktor lain yang menyebabkan ac tidak dingin adalah karena masih adanya debu yang menempel di bagian evaporator indoor atau pada kondensor outdoornya. Hal ini sering terjadi pada AC yang kondisinya sangat kotor.

Dalam proses pencucian AC yang dilakukan oleh teknisi, terlebih ketika AC masih dalam keadaan terpasang, maka pembersihan akan sulit dilakukan secara keseluruhan karena pembersih tidak bisa menjangkau semua bagian AC, terutama untuk bagian sudut-sudut sempitnya.

  1. Penurunan Kualitas Kompresor

Menurunnya kualitas kompresor sebagai jantung AC tentu sangat berpengaruh pada udara yang tidak lagi dingin ketika keluar. Dimana fungsi dari kompresor ini adalah untun memompa freon ke seluruh bagian pipa instalasi, mulai dari kondensor hingga evaporator yang mana akhirnya akan kembali lagi ke kompresor.

Oleh sebab itu, jika kompresor memiliki kinerja yang lemah, maka secara otomatis udara dingin pun tidak bisa dihasilkan.

  1. Terjadi Penyumbatan

Selain keempat penyebab tidak dinginnya AC diatas, ada juga penyebab lain yang mempengaruhi dingin atau tidaknya udara AC yakni adanya penyumbatan pada saluran pembuangan AC. Hal ini terjadi karena ada lendir atau kotoran yang terlewat ketika proses pembersihan AC dilakukan.

Inilah kelima penyebab ac tidak dingin setelah dicuci. Oleh sebab itu, ketika Anda mencuci AC perhatikan dengan baik penyebab-penyebab diatas agar tidak berdampak pada udara yang dihasilkan oleh AC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *